Friday, March 23, 2012

Separuh Nafasku, Terbang Bersama Kopiku..



Hari kemarin saya dan keluarga udah mengantar kepergian adik saya tercinta ke Bandara, dia baru nikah 5 hari yg lalu dan sekarang diboyong sama suaminya yang kerja di Kalimantan.  Bandara International Soekarno Hatta. Seperti di tempat2 menengah keatas lainnya, saya melihat ada banyak food corner atau stand minuman dari merek2 ternama seperti Starbucks, Coffee Bean dll. Kebanyakan yang nongkrong disitu nggak jauh2 dari Bule2 yang transit dulu untuk mengisi perut or menunda ngantuk dgn menyeruput secangkir kopi dari warung kopi yang terkenal di seantero jagat raya.. Apa lagi kalo bukan Starbucks?

Ngomong2 soal Starbucks ini, saya masih penasaran, kenapa untuk secangkir kopi di tempat ini harganya begitu mahal (menurut saya). Adakah sesuatu yg benar2 istimewa darinya? Untuk satu cup kopi disitu dipasang harga sekitar 50ribu++. Apa karena kualitas dan pengolahan kopinya yg sedemikian excellent? Apa karena merek Starbucks-nya yang bikin orang-orang yg nongkrong disitu otomatis jadi naik gengsi? 
Well, just forget it. Yg saya mau cuma segelas kopi untuk mengenyahkan rasa kantuk saya, kopi biasa dengan harga dibawah 5 ribu yg gak bakal dijual di area Bandara International.

Sepulang dari Bandara, di ruas jalan Tol kami menyempatkan mampir ke Rest Area 57. Buat shalat Ashar n cari sesuatu yg bisa melenyapkan kantuk. Kebetulan hari itu Rest Area dipadati ramai orang, selain karena lagi hari Libur Nasional Nyepi, juga lagi digelar acara Majelis Taklim bersama salah seorang ustadz yg lumayan terkenal dengan slogan “Are you ready???”. Yup! Dialah ustadz SOLMET yg tampangnya sering wara-wiri di televisi.

Begitu mobil diparkirkan, Aha!! Saya dah tengok satu stand kopi lokal dgn label TORA****. Ibaratnya gayung bersambut, tanpa mikir2 saya langsung menghampiri tu stand kopi. “Mas, kopi Cappucino satu ya..”  daripada ngidamin Kopi Starbucks yang harganya selangit, mendingan juga ini kopi lokal dengan harga eceran Rp. 1500 + biaya seduh yg ga nyampe Rp. 3000. What a perfect day!

Setelah si mas tukang kopinya nyeduh tu kopi, tibalah saatnya yg dinanti.. nyeruput kopi dengan segenap keriangan hati. Hehe.. Eits tunggu, bayar dulu.. “Berapa mas?” Saya tanya.

“Tiga puluh ribu delapan ratus, mbak..”

Ap.. appa?? 30 ribu?? Kopi TORA**** 30 ribu?? Kegirangan saya mendadak menguap. Kalo bisa sih saya mau balikin tu kopi n pura-pura kebelet ke kamar kecil. Tapinya rada tengsin juga. Terpaksa lah, dengan lemes saya rogoh isi dompet saya yg cuma nyisa 50 ribu utk melunasi keinginan saya untuk menyeruput kopi di hari itu. Kedengeran lebay emang, tapi bagi saya membayar harga setinggi itu untuk satu cup kopi biasa adalah sangat BERLEBIHAN. Agaknya ini adalah yang pertama dan terakhir kali saya membeli sesuatu tanpa mengetahui harganya dengan pasti terlebih dahulu.  Ya, ketahui dan sepakati sebelum kamu memutuskan untuk membeli barang apapun. No matter how rich you are. 

1 comment:

  1. pelajaran yang paling berharga adalah pengalaman.pengalaman itu guru kita,yang mana kita bisa memperbaiki nya di lain waktu.ya semua nya itu ambil hikmah nya aja,jangan mengakhiri segala nya,di al quran di katakan:setiap kesulitan pasti ada kemudahan.

    ReplyDelete